Penyebab gatal Malam Hari hebat Penyakit Skabies

Kenali Penyebab Gatal Malam hari Penyakit Skabies

Pendahuluan Penyebab Gatal Malam hari Hebat “Penyakit Skabies”

Penyakit Skabies adalah penyakit kulit yang sangat menular yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei var. hominis. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit penyebab gatal hebat malam hari. Penyakit Ini selain ditandai dengan rasa gatal yang hebat terutama waktu malam hari, juga akan ditemukan adanya lesi kulit, dan liang pada kulit. Biasanya penyakit ini ditularkan melalui kontak kulit ke kulit yang berkepanjangan, termasuk kontak seksual. Penyakit Ini dapat mempengaruhi semua kelompok umur, tetapi lebih sering terjadi di negara berpenghasilan rendah, daerah tropis, tempat tertutup dan komunitas yang terlalu padat. Kudis penyebab gatal malam hari ini bisa mengalami infeksi bakteri dan dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak ditangani. Diagnosis dan pengobatan dini penting untuk mencegah penyebaran penyakit lebih lanjut.

Pengertian Penyebab Gatal Malam hari Hebat “Penyakit Skabies”

Penyakit skabies atau kudis adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh tungau yang disebut Sarcoptes scabiei yang menggali ke dalam kulit, yang menyebabkan rasa gatal hebat, gatal ini bisa terasa pagi, siang , sore dan malam hari. Tapi terasa hebat gatal dan ruam terutama pada waktu malam hari. Ini menyebar melalui kontak dekat dengan individu yang terinfeksi, seperti melalui berbagi pakaian atau tempat tidur, atau melalui kontak seksual. Jika tidak diobati, kudis dapat menyebabkan infeksi bakteri, jadi penting untuk segera mencari pengobatan.

Penyebab Penyakit Skabies “Penyebab Gatal di Malam hari Hebat”

Skabies atau kudis disebabkan oleh tungau yang dikenal sebagai Sarcoptes scabiei, yang termasuk dalam kelas Arachnida, subkelas Acarina, ordo Astigmata, dan famili Sarcoptidae. Tungau betina menggali di bawah kulit dan meninggalkan telur di sana, yang menetas menjadi larva dan menyebar ke area kulit lainnya. Gatal yang terjadi pada skabies merupakan akibat dari reaksi alergi terhadap tungau, telur dan kotorannya. Tungau ini merupakan penyebab gatal malam hari hebat, dimana Gatalnya lebih hebatnya pada malam hari. Penularan skabies dapat terjadi melalui kontak fisik yang dekat, kontak seksual, dan berbagi pakaian atau tempat tidur dengan individu yang terinfeksi. Orang yang tinggal di lingkungan berkelompok seperti asrama, Pondok dll, yang memiliki kekebalan tubuh rendah, atau yang memiliki keterbatasan air bersih dan higienitas yang buruk, berisiko lebih tinggi tertular skabies.

Baca Juga  6 Hal Penting penyakit skabies di pesantren

Gejala Penyakit Skabies “Penyebab Gatal di Malam hari Hebat”

Tanda dan gejala umum skabies dapat berupa rasa gatal yang hebat, terutama pada malam hari, bekas luka tipis dan tidak beraturan yang biasanya berupa luka atau benjolan pada kulit, dan menggali di area lipatan kulit. Gatal tersebut disebabkan oleh reaksi alergi tubuh terhadap tungau, telur, dan kotorannya. Kudis biasanya terjadi di daerah seperti sela-sela jari, ketiak, pinggang, pergelangan tangan bagian dalam, siku bagian dalam, telapak kaki, sekitar payudara, sekitar kemaluan pria, pantat, lutut, dan selangkangan serta punggung. Pada bayi dan anak kecil, dapat muncul di kepala, wajah, leher, telapak tangan, dan telapak kaki. Rasa gatal bisa muncul hingga enam minggu sebelum tanda dan gejala mulai muncul.

Selain itu pada skabies atau kudis yang merupakan penyebab gatal malam hari, juga bisa ada gejala antara lain gatal, bekas luka tipis dan tidak beraturan berupa luka atau bentol pada kulit, dan korengan pada area lipatan kulit.

Diagnosis Penyakit Skabies “Penyebab Kulit Gatal Malam hari Hebat”

Diagnosis skabies atau kudis dapat ditentukan dari wawancara medis (Anamnesis) secara detail, pemeriksaan fisik langsung, dan pemeriksaan penunjang bila diperlukan. Diagnosis skabies dapat ditegakkan dengan adanya dua dari empat tanda kardinal (tanda utama), yaitu: gejala gatal hebat pada malam hari (pruritus nokturnal), gejala yang sama pada satu kelompok manusia yang berdekatan dan tinggal bersama,pembentukan terowongan atau cuniculus di tempat predileksi (tempat biasa terjadi)., dan predileksi biasanya pada lapisan kulit yang tipis yaitu sela-sela jari, ketiak, pinggang, pergelangan tangan bagian dalam, siku bagian dalam, telapak kaki, sekitar payudara, sekitar kemaluan pria, pantat, lutut, dan selangkangan serta punggung. Seorang dokter juga dapat mencari keberadaan tungau Sarcoptes scabiei, satu atau lebih tahap kehidupan dapat ditemukan baik itu tahap telur ataupun tungau. Untuk mengkonfirmasi diagnosis, kerokan kulit dapat dilakukan untuk memeriksa tungau di bawah mikroskop. Dalam beberapa kasus, biopsi atau tes darah mungkin diperlukan. Anda perlu konsultasi ke dokter anda untuk menegakkan diagnosis, apakah penyebab gatal malam hari anda penyebabnya penyakit skabies atau bisa jadi disebabkan oleh penyakit lainnya.

Baca Juga  Cari Tahu Penyebab Gatal Berair Pada Kulit: Solusinya !

Pengobatan Penyakit Skabies “Penyebab Gatal Malam hari Hebat”

Perawatan kudis melibatkan penggunaan obat topikal (obat oles) atau oral yang diresepkan oleh dokter. Obat ini dirancang untuk membunuh tungau yang menyebabkan infeksi. Pengobatan topikal biasanya diterapkan ke seluruh tubuh dari leher ke bawah dan dibiarkan selama setidaknya delapan jam. Dalam beberapa kasus, aplikasi kedua mungkin diperlukan. Obat oral mungkin direkomendasikan untuk individu dengan gangguan sistem kekebalan atau kudis berkerak. Penting untuk diperhatikan bahwa meskipun pengobatan dapat membunuh tungau, rasa gatal hebat terutama malam hari yang dapat bertahan hingga beberapa minggu. Untuk mencegah infeksi scabies berulang dan penularan kepada orang lain, penting untuk mencuci semua pakaian dan kain yang digunakan dengan air hangat dan sabun dan mengeringkannya pada suhu tinggi. Selain itu pengobatan bukan hanya dilakukan pada satu pasien saja, tapi pada semua orang yang kontak dan satu tempat tinggal dengan pasien.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya Perawatan untuk kudis biasanya dilakukan dengan obat skabies atau kudis yang diresepkan, yaitu losion atau krim yang membunuh tungau kudis dan telurnya. Produk ini harus dioleskan ke seluruh tubuh dari leher ke bawah, termasuk kepala dan leher pada bayi dan anak kecil. Penting untuk mengikuti petunjuk pada label dengan hati-hati dan menghubungi dokter atau apoteker jika ada pertanyaan. Setelah perawatan, semua tempat tidur, pakaian, dan handuk yang digunakan oleh orang yang terinfestasi (terkena tungau) dan kontak dekatnya harus dicuci dengan air panas atau dry-clean, atau disegel dalam kantong plastik setidaknya selama 72 jam untuk mencegah infestasi ulang.

Bahkan setelah perawatan, gatal hebat terutama malam hari ini bisa berlanjut selama beberapa minggu karena alergi terhadap tungau dan kotorannya. Jika rasa gatal masih ada setelah dua sampai empat minggu atau jika liang baru atau lesi ruam muncul, pengobatan ulang mungkin diperlukan. Luka kulit yang terinfeksi harus diobati dengan antibiotik yang tepat yang diresepkan oleh dokter.

Baca Juga  Cari Tahu Penyebab Gatal Berair Pada Kulit: Solusinya !

Pencegahan Penyakit Skabies “Penyebab Gatal Malam hari Hebat”

Untuk mencegah infeksi dan penularan skabies atau kudis kepada orang lain, langkah-langkah yang dapat dilakukan sebagai berikut: menjaga kebersihan, mencuci semua pakaian dan kain yang digunakan dengan air panas dan sabun, dan mengeringkannya pada suhu tinggi. Selain itu, untuk barang-barang yang tidak dapat dicuci, masukkan ke dalam kantong plastik tertutup dan jauhkan selama dua minggu. Jika seseorang didiagnosis menderita kudis, penting untuk merawat semua anggota keluarga atau kontak dekat meskipun mereka tidak menunjukkan gejala apa pun, walaupun tidak ada gatal hebat terutama malam hari nya. Selain itu, krim dan lotion topikal dapat dioleskan ke seluruh tubuh dari leher ke bawah, dan dibiarkan setidaknya selama delapan jam. Karena tungau kudis dapat menyebar dengan cepat, penting untuk mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari komplikasi lebih lanjut. Jika ada keluhan dan pertanyaan silahkan hubungi dokter anda ya, jangan sembarangan menggunakan dan membeli obat langsung ke apotek ya.

Untuk Penjelasan Selengkapnya mengenai penyebab Gatal Hebat Malam Hari Skabies nya juga bisa lihat penjelasan Video Youtube Oleh dr. M. Arif Budiman di Bawah ini :

Penyebab Gatal Hebat Malam hari Skabies bagian 1

Penyebab Gatal Hebat Malam hari Skabies bagian 2