Penyuluhan dan Pengobatan Lansia di Desa Tumang Siak 3

Penyuluhan dan Pengobatan Lansia di Desa Tumang Siak

Penyuluhan dan pengobatan lansia di Desa tumang siak ini dilakukan oleh dr. M. Arif Budiman dan kawan kawan dari Program lansia Puskesmas Siak pada Tanggal 5 Desember 2022. Kegiatan ini di lakukan di Pos Lansia di Desa Tumang Kecamatan Siak. Kegiatan ini merupakan kegiatan dalam rangka menjemput bola dalam memberikan pengobatan kepada Para Masyarakat Lansia (lanjut usia) yang Susah datang ke Puskesmas Siak untuk melakukan Pengobatan dan melakukan pengecekan Kesehatannya.

Penyuluhan dan Pengobatan Lansia di Desa Tumang Siak

Dalam Kegiatan yang diadakan di Desa Tumang Kecamatan Siak ini sebelum dilakukan pengobatan, Dokter Umum Siak dr. M. Arif Budiman sebelumnya melakukan penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat yang ikut kegiatan ini mengenai penyakit penyakit tidak menular yang banyak dijumpai pada pasien pasien lansia. Adapun Penyakit tersebut adalah penyakit hipertensi, penyakit jantung, penyakit kolesterol, penyakit asam urat, penyakit lambung, penyakit nyeri sendi, penyakit gula, penyakit Stroke. Pada penyuluhan ini dokter umum Puskesmas Siak dr. M. Arif Budiman Menjelaskan mengenai hidup sehat dengan penyakit Hipertensi dengan Semboyan “PATUH” kemenkes. Adapun “PATUH” itu adalah singkatan dari P : Periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter A : Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur T : Tetap diet dengan gizi seimbang U :Upayakan aktivitas fisik dengan aman H: Hindari asap rokok, alkohol dan zat karsinogenik. Semboyan “PATUH” kemenkes ini selain bisa untuk mencegah komplikasi lebih lanjut dari hipertensi juga bisa digunakan untuk pencegahan komplikasi penyakit menular Lainnya seperti penyakit jantung, penyakit kolesterol, penyakit asam urat, penyakit lambung, penyakit nyeri sendi, penyakit gula, penyakit Stroke.

Setelah selesai penyuluhan, terlihat antusias masyarakat lansia yang memberikan pertanyaan pertanyaan dan dijawab oleh dr. Arif sesuai pengetahuannya sebagai dokter umum, sebagai salah satu dokter puskesmas Siak. Setelah selesai tanya jawab dilanjutkan kepada kegiatan pengobatan kepada masyarakat lansia yang datang berobat pada hari itu.

Baca Juga  Penyuluhan dan Pengobatan Lansia di Buantan Besar Siak
Penyuluhan dan Pengobatan Lansia di Desa Tumang Siak 2

Saat kegiatan pengobatan Lansia di Desa Tumang Kecamatan Siak ini. Dilakukan kegiatan Wawancara medis (Anamnesis). Pemeriksaan tanda tanda Vital, tekanan darah, Pemeriksaan Fisik, Penegakan Diagnosis Penyakit dan Peresepan Obat Oleh dr. Arif. Tak lupa pula dr. Arif memberikan edukasi dan informasi kesehatan mengenai penyakit pasien supaya bisa cepat sembuh. Selain itu pada kegiatan ini juga diadakan pengecekan Gula darah, Asam Urat dan Kolesterol Untuk melakukan deteksi Dini Penyakit yang ada pada masyarakat lansia Desa Tumang ini.

Alhamdulillah kegiatan Penyuluhan dan Pengobatan Lansia di Desa Tumang ini berjalan lancar dan Masyarakat Lansia bisa pulang dengan penuh senyuman membawa obat dan mengetahui kondisi kesehatannya setelah selesai melakukan pengecekan dan pengobatan pada kegiatan Lansia di Desa Tumang Kecamatan Siak ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Scroll to Top