Penyuluhan dan Pengobatan Lansia di Merempan Hulu Siak 1

Penyuluhan dan Pengobatan Lansia di Merempan Hulu Siak

Penyuluhan dan pengobatan Lansia (lanjut Usia) di merempan Hulu siak ini dilakukan tanggal 6 Oktober 2022. Kegiatan ini di lakukan oleh Dokter Umum Puskesmas Siak dr. M. Arif Budiman atau dikenal dengan nama Dokter Arif dan Tim Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) Lansia.

Kegiatan ini dilakukan setiap bulannya untuk menejemput Bola. Tim Posbindu Lansia Puskesmas siak datang menjempu bola dengan langsung datang ke tempat masyarakat dalam melakukan pengobatan pasien pasien Lansia. Hal ini bertujuan untuk memantau kesehatan lansia yang susah datang ke puskesmas Siak.

Dalam kegiatan ini sebelum dimulainya pengobatan, yang terdiri dari anamnesis, pemeriksaan fisik dan penunjang seperti cek Gula Darah, Kolesterol dan Asam Urat. Di sini Dokter Arif atau dipanggil lengkapnya dr. M. Arif Budiman melakukan penyuluhan mengenai penyakit hipertensi yang banyak diderita oleh Lansia di Merempan Hulu Siak ini. Dalam penyuluhan ini dr. M. Arif budiman menjelaskan mengenai ” PATUH” dalam mencegah komplikasi Hipertensi pada mata, otak, ginjal dan organ lainnya. Adapun “PATUH” adalah singkatan dalam mencegah komplikasi Hipertensi

  • Periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter
  • Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur
  • Tetap diet dengan gizi seimbang
  • Upayakan aktivitas fisik dengan aman.
  • Hindari asap rokok, alkohol dan zat karsinogenik

PATUH ini selain berguna untuk mencegah penyakit Hipertensi, juga bisa digunakan untuk mencegah penyakit tidak menular lainnya yang banyak ditemukan pada lansia seperti sakit Gula, Kolesterol, Asam Urat, Hipertensi dan penyakit lainnya

Semoga dilakukan penyuluhan ini, bisa mengurangi bahkan menghapus komplikasi pasien hipertensi yang menderita hipertensi dan bisa hidup sehat dengan hipertensi.

Setelah kegiatan penyuluhan, dilanjutkan sesi tanya jawab antara dokter dan pasien lansia mengenai penyakit yang diderita nya masing masing. Setelah para peserta lansia puas tanya jawab , dilanjutkan kepada kegiatan pengobatan yang terdiri dari anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium dan penegakan diagnosis oleh dokter. Setelahnya dokter akan memberikan obat kepada pasien sesuai penyakit yang diderita oleh pasien.

Baca Juga  Kegiatan Bakti sosial Pengobatan Gratis Di Desa Tumang Siak Kerja Sama Puskesmas Siak Dan PAFI SIAK

Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar, dan para pasien Lansia puas dan bisa pulang dengan tersenyum.

Semoga pasien Lansia di Merempan Hulu Bisa Hidup sehat Bersama Penyakit Hipertensi nya.

Berikut adalah dokumentasi kegiatannya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Scroll to Top