Penyuluhan dan Pengobatan Lansia di Buantan Besar Siak 1

Penyuluhan dan Pengobatan Lansia di Buantan Besar Siak

Penyuluhan dan pengobatan Lansia di Buantan Besar Siak ini dilakukan pada tanggal 10 Oktober 2022. Penyuluhan dan pengobatan Lansia di desa ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan para Lansia sehingga memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Pengobatan ini merupakan upaya jemput bola ke desa buantan besar, sehingga para lansia yang susah datang berobat ke Puskesmas Siak bisa mendapatkan pengobatan penyakit yang dideritanya.

Pengobatan Lansia ini dilakukan oleh dokter umum Puskesmas siak dr. M. Arif Budiman atau biasanya disapa dengan Dokter Arif. Pada Kesempatan kali ini juga Dokter Arif Selain melakukan pengobatan, dr. Arif Juga sebelumnya melakukan penyuluhan Dalam Mencegah Komplikasi Hipertensi. Karena pada pasien Lansia banyak yang menderita penyakit hipertensi, sehingga sangat penting mencegahnya komplikasi. Pada Kesempatan kali ini dr. Arif atau nama lengkapnya dr. M. Arif Budiman juga menggunakan “PATUH” Kemenkes Dalam mencegah penyakit Tidak menular Khususnya penyakit Hipertensi.

Adapun PATUH Kemenkes Tersebut adalah

  • Periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter
  • Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur
  • Tetap diet dengan gizi seimbang
  • Upayakan aktivitas fisik dengan aman.
  • Hindari asap rokok, alkohol dan zat karsinogenik

Dengan menerapkan PATUH Kemenkes di atas, para lansia Insya Allah bisa terhindar dari komplikasi hipertensi dan hidup sehat dengannya.

Setelah dilakukan penyuluhan, Dokter Arif melanjutkan dengan melakukan pengobatan. Kegiatan pengobatan ini terdiri dari Anamnesis, Pemeriksaan fisik, Cek Tekanan darah, cek laboratorium seperti Gula darah, Kolesterol, Asam urat. Selanjutnya dokter Arif akan menegakkan diagnosis penyakit masing masing pasien Lansia dan Memberikan obat sesuai dengan penyakit masing masing masing pasien.

Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar dan Para lansia bisa tersenyum pulang bawa obat.

Baca Juga  Penyuluhan dan Pengobatan Lansia di Merempan Hulu Siak

Ini merupakan kegiatan Posbindu ( Pos pembinaan Terpadu) Lansia dan Dilakukan oleh dr. M. Arif Budiman dan Tim Posbindu Lansia Puskesmas Siak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Scroll to Top